Prediksi Asal Usul Kata Umpatan 'Damen' Orang Jawa


Jika kamu adalah seseorang yang tinggal atau berasal dari Jawa, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan umpatan yang satu ini, yaitu damen. Akan tetapi, walaupun kata ini sering dipakai untuk mengumpat bukan berarti kata ini memiliki makna yang kasar, karena sebenarnya kata ini secara harfiah berarti batang padi tua.

Lantas apa yang membuat kata ini menjadi sebuah kata umpatan? Berikut ini merupakan prediksi atau kemungkinan dari penggunaan kata damen sebagai umpatan menurut penulis dan tim nggerutu.com

1. Serapan dari bahasa asing

Seperti yang kita tahu bahwa bangsa Jawa pernah dijajah oleh negara asing dalam kurun waktu yang lama. Kemungkinannya, waktu itu orang yang menguasai bahasa asing dipandang sebagai orang yang memiliki derajat lebih. Sehingga, setiap orang berlomba-lomba untuk menirukan setiap kata yang diucapkan oleh orang asing. Mungkin kata damen berasal dari Bahasa Inggris, yaitu damn yang berarti mengutuk;menganggap tidak berarti; dan menyumpah. Kata damn berubah menjadi kata damen karena menyesuaikan dengan 'lidah' orang Jawa. Kasus ini sama dengan penyebutan kertas rokok dengan sebutan 'paper' yang dibaca dengan cara baca Jawa.

2. Sebagai metafora atau kiasan

Damen merupakan salah satu sampah dari pertanian jenis tanaman padi, yang mana merupakan pekerjaan mayoritas orang Jawa. Jadi mungkin, kata damen pertama kali diucapkan atau digunakan untuk mengumpat kepada sesuatu atau seseorang yang dianggap tidak berguna atau sampah.

3. Faktor intonasi

Intonasi dan penekanan merupakan sarat mutlak dari sebuah umpatan, karena seharusnya umpatan digunakan untuk menunjukkan rasa kesal terhadap sesuatu atau seseorang. Kata damen merupakan salah satu kata yang 'mantab' jika diucapkan dengan nada tinggi.

4. Pengaruh norma sosial

Orang Jawa dikenal dengan kesopanannya, hal ini mungkin yang menjadikan damen sebagai alternatif pilihan kata untuk mengumpat karena tidak memiliki makna yang kasar. Penggunaan kata yang tidak memiliki arti kasar sebagai umpatan juga dapat ditemukan pada kata umpatan jangkrik, wedus, semprol, sontoloyo, dan lain sebagainya.

Nah, dari beberapa poin prediksi di atas, poin ke berapakah yang menurut kamu paling masuk akal untuk menjadi alasan penggunaan kata damen sebagai umpatan? Berikan jawabanmu di kolom komentar yang telah disediakan di bawah postingan ini.
:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar